Selasa, 01 Maret 2016

Menyiapkan Pernikahan Sendiri

Banyak sarang laba-laba di sini yaaa wkwkwk. sebelumnya maaf mau curcol dulu, alasan nulis di blog karena mungkin banyak teman yang gatau jadi semoga dan berharap mereka nggak tahu tulisan ini :D . hari ini memasuki hari ke-52 sebelum acara besar yang merubah hidupku terjadi eng ing eeeeng . Pasti setiap orang menginginkan hari pernikahan mereka berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Yahh itu yang pasti terjadi padaku, aku ingin ini begini aku ingin ini begitu segalanya terlihat indah daaan!!!! runtuh terhalang berbagai keadaan. INGAT GAES, SETIAP PERNIKAHAN PASTI ADA COBAAN MASALAH APALAH ITU. Menghindari seperti apapun gak bakal bisa! catat itu, yang kita bisa adalah meminimalkan resiko. Kalau pernikahaan berjalan lancar, kehidupan selanjutnya nggak bakal seru. Pasangan nggak bakal dewasa juga. Sedih memang tapi nggak tahu kenapa ini harus terjadi. Ini mungkin hanya pemikiran cewek berego tinggi sepertiku. Yahh, kurang lebih baru ketahuan sifatq sama emak aku sama -_-

 

Pada dasarnya saat ini juga q masih di bangku kuliah, mahasiswi semester akhir yang lagi nempuh skripsi. andai otakku encer dan nggak malas. mungkin saat ini q sudah lulus jadi nggak terbeban sama kuliah juga ngurusinya. entah kenapa juga tiba-tiba q menyetujui pernikahan ini, emakku ngebet banget nyuruh cepet nikah dengan alasan biar kakakku juga nggak menunggu lama. (di kluargaku kakak adik cowok cewek yang berumur dekat, adiknya yang nikah baru si kakak)
Terlebih lagi, kedua orang tuaku tahun ini 2016 juga mau melaksanakan haji, jadi mungkin biar ada yang tanggung jawab di rumah mungkin gitu ya. Bahkan sebenernya tahun kemarin 2015, bulan desember ibu yang kepinginnya q cepet nikah. hmmm... gatau sedikit curiga aja -_- menurut ane gan ini mungkin dikarenakan supaya abangku sayang Timooku bala bala biar nggak lepas dari cengkraman ibu mertua yaitu emakku. begini yaa, di rumah itu ada usaha toko listrik yang alhamdulillah sekarag lancar, nahh mungkin emak udah tau nih kalo otakku sedikit gak beres. dan entah ilmu santet seperti apa yang kugunakan jadi si abang Faizin yang otaknnya encer kepincut ma ane. so, bisa mengelola toko dengan baik dan orang tua bisa menikmati hari tua dengan bersantai (becanda gan wkwkwk). Itu pemikiran negatifku sih wkwkwk. sebenernya mas Faiz juga gak pingin keburu sih, entah nggak tau yang sebenernya seperti apa yang jelas cewek childish sepertiku akan menikah. Q nggak bisa berfikir panjang, nantinya seperti apa keluarga kecilku. Ya Allah dewasakanlah aku :( , agar mas Faizin bisa sedikit lega menanganiku.
Cobaan silih berganti, kekecewaan berat menerpaku. Andaikan ada kesabaran dalam benak keluargaku, mungkin q bisa menghasilkan uang sendiri. jadi q bisa menyiapkan pernikahanku tanpa ada campur tangan dari pihak berwenang (baca emakku). mungkin saat ini saja q yang belum tahu, hingga saatny q nanti jadi orang tua bakalan tahu bagaimana menjadi orang tua yang akan menikahkan anaknya. Q besar di keluarga yang dulunya pas-pasan, jadi kita berangkat dari 0. kebiasaan berhemat sejak kecil mungkin mendarah daging sampai saat ini. Yahh hemat pangkal kaya vrohh. Yang saya kecewakan adalah ada perkataan yang tidak konsisten dari awal, di gonta ganti. Sejak q jadian sama mas Faizin, hanya dia manusia yang jadi tumpahan segala curhatan masalahku dia yang tahu segalanya dia yang dewasa dia yang sabar dia yang.. entahlah. seseorang yang sudah jatuh cinta dan SREG sama pasangan nggak bisa menuliskan tentang pasangan hanya dengan selembar atau 1 hari saja. Pukulan berat yang seakan mengubah pandanganku kedepan. Seperti merasa Ya Allah inikah dunia dewasa yang sebenarnya, inikah perjalanan seseorang yang menuju pernikahan, seperti inikah dunia keluarga yang sebenarnya. Seakan aku ingin keluar dari sana membangun keluargaku sendiri, meskipun dari 0 tidak apa. dan saat masalah berat itu datang q langsung berfikir, cukup kekecewaan ini. q hanya ingin ijab, tanpa ada tamu siapapun asalkan sah dan tidak membebani siapapun. Naudzubillah betapa gilanya q ini kan T_T. Yahh q hanya berharap ikhlas saja, nanti ketika kakakku yang akan menikah, q akan berusaha semampuku membantu sesuai keinginan kakakku tersayang :'(
1 hal nasihat yang tidak begitu penting bagiku "jika kalian akan menikah, saat itu juga pasrahkan saja pada keluarga. jangan pernah ikut campur atau berkeinginan lain, atau kalian akan sakit hati" . lebih tepatnya ini nasihat untukku ya :D . Ya, hari yang berbahagia nggak boleh sedih. alhamdulillah ini sudah sekitar 50% persiapannya rampung. Dan inilah yang kulakukan dari awal awal persiapan pernikahanku.

1. Budget
         Kalian memiliki budget berapa besar untuk pernikahan? catat dana minimal dan maksimal, tanyakan pada penyedia dana kalian kisaran dari berapa sampai berapa. jadi sekiranya nanti untuk langkah selanjutnya bisa menentukan dan menimbang pilihan yang pantas. dan hal ini yang tidak kulakukan sejak awal sehingga simpang siur diubah sana sini.

2.Pemilihan lokasi

          Yaa, yang utama menetukan segalanya adalah lokasi, karena dengan lokasi sudah fix. yang lain akan bisa menyesuaikan. Q memilih lokasi di gedung dan alhamdulillah tercapai, meskipun akhirnya ada aja omongan nggak enak. q tinggal di Lumajang kota tepatnya daerah Jl KH Wahid Hasyim gg II . kenapa harus gedung?? entah q melihat pernikahan di gedung itu sangat keren. Juga baru sadar, pernikahan di gedung itu jauh lebih murah daripada di rumah. Di gedung kalian hanya menyiapkan dekor kuade (bahasa lainnya lupa, pokok yang resepsi tempat duduk pasangan yang menikah itu) sama tempat makan, meja souvenir dll. sedangkan di rumah masih harus mendirikan terop (duhh.. bahasaku ya maaf -_-. seperti kelambu lalu ada tiang besi buat berteduhnya itu wes. tau kan yaa), kalau masak sendiri juga membutuhkan wilayah yang sedikit luas. belum juga pemilihan lokasi yang pas. karena juga lokasiku masuk gang sempit, mau diadakan di depan tokoku yaitu yang di pasar senggol. itu kan pertokoan aktif yang ramai, jalan juga ramai. q berfikir ketika menutup jalan atau mengambil separuh jalan, kasihan pertokoan sekitar sama orang yang lalu lalang. pasti macet, ntar jadi bahan omongan dan takutnya ada doa jelek karena ngadakan pernikahan nyusahin orang dengan menutup jalan (sebatas pikiranku semata ya). jadi fix q memilih lokasi gedung Sudjono, letaknya di selatan alun-alun kota pas. Cukup murah memang tidak sampai 5jt, di gedung itu sudah dapat fasilitas lokasi, tempat parkir strategis dan memadai, kursi, ruangan berAC, juga genset takut nantinya ada pemadaman. 


3. Vendor pernikahan
          Hmm... sudah sejak lama mungkin emang sudah fix dan jatuh hati sama vendor satu ini yaitu salon Nafisa. Sebenarnya di wilayah Lumajang ini banyak sekali perias yang bagus bagus keren. tapi mungkin memang sudah fanatik sama salon Nafisa ya hehehe. lokasinya sebelum sma pgri Lumajang. banyak macam bajunya, pernah menang kompetisi di Surabaya. dan q sejak wisuda SMA memakai jasa salon ini. sudah terkenal juga nih salon. Tips ketika memilih paket pernikahan ya. bandingkan harga dari tiap paketnya, jangan tertipu dengan bonus atau ada hal aneh. tanyakan tanpa ragu apa yang tidak di mengerti. ambil apa yang penting saja ya. kalau yang kulakukan adalah, lokasi gedung ada pilihan paket 14, 17, 20 sama 25. itu lengkap dengan dekorasi ruangan meja souvenir dll. Siapa sih yang nggak tertarik dengan paket 25 :D.. istimewa gitu lohh. mari memotong budget, nggak perlu terlalu muluk. q memilih paket yang 14 rasa 17. apa maksudnya? begini, paket 14 dan 17 sebenarnya tidak jauh beda, hanya saja untuk pemilihan baju kita tidak bisa memilih baju yang koleksi baru dengan paket 14. pada paket ini juga q menghilangkan hal yang tidka penting seperti midodareni rias orang tua entah apa juga. karena hal seperti ini bisa di antisipasi. dan q menggantinya dengan lain yang lebih penting. jadi dengan q menghilangkan unsur-unsur tersebut aq mendapatkan hal lain seperti baju q bisa pilih yang baru. juga dekor tidak ada batasan pilihan modelnya.

4. Fotografer
         Nah selanjutnya q mencari siapa fotografer yang pas. saat di vendor kan ada tuh hasil hasil rias pengantinnya, q lihat di sampul belakang siapa fotografernya atau studio mana yang dipakai. Dan saat itu q jatuh hati sama hasilnya mas Ray. lokasinya ada di Pasirian, editannya q suka keren. berangkatlah q ke lokasi sana nanya nanya. udah dapat brosur sama harga harganya.. trus kayak kurang sreg q nanya sama sana sini siapa fotografer yang pernah dipakai. lalu q jatuh hati juga sama hasilnya mas Zai lucu lucu. Galaulah q pada akhirnya. sudah kontek kontekan lewat bbm sama mas Zai jadi q fix ambil jasanya ZPS (Zaiphotostudio) . masnya ini juga orang Pasirian, denger denger jebolannya JJ kalau nggak salah (studio di luamjang) . setelah itu ada batasan harga nih, harus di potong lagi gak perlu yang terlalu mewah. Oh ya.. tukang foto alias fotografer pernikahan harga itu tidak selalu tetap di awal. kecuali video shoot itu ditetapkan diawal CATAT. jadi fotografer bisa saja membengkak tergantung banyaknya yang dipotret pengambilan gambar. dan keputusan final aq memakai jasa prewednya mas Ray di studio dengan biaya 200 dan jasa fotonya mas Zai dengan biaya 900. untuk video belum memutuskan, aslinya kepengen buanget :(

5. Catering/masak di rumah
          keputusan final keluarga gimana nih?? pakai catering atau masak sendiri. kalau sanggup masak ya monggo kalau mau pakau catering ya monggo. nah di acaraku kali ini, keluarga memeilih memakai jasa catering. keliling sana sini sat set akhirnya memutuskan memakai jasa catering Bu Betty, ini lokasinya di pasar patok pinggir jalan di swah sawah. daerah tukum sana pokok. sesudah berguru sama orang yang pernah mantu kataya kalau catering di campur aja antar paketnya. nah setelah dibegitukan dapat jawaban nih... kalau di campur tempat makannya gak beraturan nanti. mejanya isinya satu sama lain nggak serasi. kurang paham juga yah manut wes. q memilih paket standar 3 kalau nggak salah, dan lupa harganya berapa. karena brosur yang ada coretan harga hlang. kalau nggak salah rata rata catering paling murag 25.000 per porsi. nahh biasanya jasa catering akan menanyakan berapa jumlah undangan? semisal undangan saya 500 berarti untuk catering harus memesan 1.000 porsi. karena, 1 undangan biasanya yang datang kan lebih dari satu. entah membawa pasangan atau anak atau yg lain. nah pada kenyataannya setelah berguru kalau undangan 500 dan memesan 1000 porsi. itu sisanya bakalan buanyak. mengakalinya untuk jaga jaga semisal undangan 500 pesan saja 700 porsi. karena setiap orang kan nggak selalu memakan 1 porsi utuh lengkap dengan berbagai macam lauknya. nah kalau ke jasa catering bilang saja undangan sy 400 bu dan saya pesan 700 porsi saja gitu..

6. Souvenir dan Undangan
         Sesuai selera juga sih dalam memilih undangan juga souvenir. dan kalau memilih souvenir di Surabaya itu jauh lebih murah. tepatnya di PGS, memang sih murah. dan kalian juga harus pandai memilih toko. jangan terpaku pada 1 toko saja tapi keliling, dan tanyakan apa bisa kurang jika saya mengambil dengan jumlah sekian. dan kebetulan saat itu rencananya kita ingin memberi souvenir macam-macam setelah keliling diputuskan hanya 1 macam. dan kita membelinya secara terpisah. agen souvenir yang murah dan terjangkau di sana kalau nggak salah tokonya namae subur atau sabar gitu. maaf maksud saya mika yang murah, dengan ukuran yang sy butuhkan sy dapat harga 800 per mikanya itu dengan dasar emas. sedangkan sy beli di Lumajang percetakan adil itu 1000 dengan dasar putih polos. lumayan kan :D . Nah untuk undangan membandingakn harga di Jember dan Lumajang, akhirnya memutuskan di Luamajang aja di Adil. karena di Jember nggak ketemu percetakan yang murah. setelah memilih sana sini, agak kecewa juga dengan putusan ini dipilihlah undangan yang biasa saja. karena pada dasarnya undangan setelah diterima di lihat lalu di buang, jadi nggak usah terlalu bagus juga. jadi biayanya bisa dialihkan ke hal yang lain. nahh untuk undangan akad nanti atau walimatul ursy, q memilih mencarinya sendiri mendownload gratis di google dan mengeditnya

kurang lebih seperti di atas. cukup puas dengan editan saya huhuhuhu. dari sekian banyak persiapan yang saya legakan hanya yang satu ini karena sesuai dengan keinginan wkwkwk. trimakasih website yang menyediakan secara gratis (maaf lupa namnay apa pokok ada unibraw nya juga gitu). dan ini saya edit sy gabung gabung juga. kalau mau nanti bisa saya post di tulisan lainnya. 

Sekian tulisan kecil ini semoga bermanfaat, dan lain kali mungkin ada ilmu bisa sy bagi lagi. maaf kalau GeJe yaa :D .

2 komentar:


  1. thank you for the information is be very useful.

    Come join us and get the big prize that awaits you, do not miss a great bonus that awaits you only in 988betlink.com

    Games Terbaik

    Artikel tentang masalah kehidupan anda (khususnya perempuan) KLIK DISINI

    BalasHapus
  2. BavetlineOke Dapat Credit 100K Dengan Membayar 70K Saja !!

    Prediksi Sunderland Vs Manchester United 09 April 2017

    Daftarkan Dengan Kode Referall “ BAVETJ 02 “ Anda Deposit 70K Dapat 100K Hanya Di

    ( BAVETLINEOKE.COM ) / http://bavetline88.com/

    BalasHapus